Psikoedukasi Positive Parenting Pada Orang Tua Untuk Menciptakan Pola Pengasuhan yang Sportif dan Konstruktif

Mahasiswa KKN Tim I Undip 2018 Fakultas Psikologimelaksanakan program yang penting untuk orang tua di Desa Kaliprau yaitu psikoedukasi positive parenting. program ini dilaksanakan sekaligus mengisi materi untuk ibu-ibu PKK. Kegiatan dimulai dengan pengisian daftar hadir anggota PKK dan pembagian leaflet yang berisikan sekilas materi tentang positive parenting. Ibu-ibu yang datang sekitar 25 orang. dan memperhatikan materi dengan seksama. Saat penyampaian materi, ibu-ibu terlihat sangat antusias mendengarkannya. Sebelum menyelesaikan materi, pemateri memutar video mengenai contoh pola asuh yang benar dan role model orang tua yang baik dan benar. Setelah penyampaian materi selesai, beberapa ibu-ibu mengacungkan tangan untuk bertanya mengenai materi sesuai dengan problematika yang dialami para ibu dalam mengasuh anak.

Banyak ibu yang mengeluhkan masalah perkembangan anak dan cara mengasuh anak dengan baik dan benar. Pemateri dapat menjawab pertanyaan dari ibu-ibu sesuai dengan teori yang telah disampaikan. Di dalam sesi ini, pemateri dan ibu-ibu saling sanggah.

Ada ibu yang bertanya serta mengeluhkan perilaku anaknya susah untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya namun lebih suka bergaul dengan anak yang usianya lebih muda darinya. Lalu pemateri menjawab serta memberi solusi. Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua adalah menanyakan kepada anak apa penyebab anak tersebut tidak mau bersosialisasi dengan teman sebayanya. kemungkinan anak itu mengalami kemunduran perkembangan (Regresi). Setelah itu pemateri memberikan lembar evaluasi kepada ibu-ibu pkk untuk memberikan penilaian mengenai materi serta penyampaiannya.

MEDIA SOSIAL

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*