Pengenalan Potensi Desa Kaliprau

  • Lokasi Potensial

Desa Kaliprau merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Desa ini merupakan desa dengan berbagai potensi dari budidaya, produk olahan, home industry, hingga pariwisata. Lokasi lokasi yang berpotensi tinggi dikembangkan tersebar di seluruh wilayah desa, dari perumahan penduduk, wilayah pertambakan, persawahan, pantai, hingga hutan mangrove. Lokasi tersebut memiliki berbagai potensi yang berbeda, tergantung kepada pemanfaatan oleh pihak perangkat maupun warga Desa Kaliprau.

  • Ragam potensi

Potensi yang dimiliki oleh Desa Kaliprau terbilang lengkap dan beragam, karena desa ini memiliki banyak sumberdaya, baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia yang mumpuni untuk terus dapat dikembangkan. Ragam potensi yang dimiliki oleh Desa Kaliprau diantaranya budidaya udang vannamei, budidaya ikan bandeng, peternakan ayam, produk olahan bandeng, melati, keong, hingga wisata pantai dan ekowisata mangrove.

Budidaya di Desa Kaliprau terbilang cukup menjanjikan. Budidaya yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kaliprau berupa budidaya Udang Vannamei dan Ikan Bandeng. Kedua komoditas ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi, dimana udang vannamei merupakan salah satu komoditas budidaya yang dapat di ekspor dan memiliki nilai jual yang tinggi. Udang ini dapat di ekspor hingga ke India, Vietnam, Thailand, Tiongkok, dan Argentina.

Produk olahan yang ada di Desa Kaliprau cukup beragam, diantaranya pengolahan bandeng berupa stik bandeng, pepes, kaki naga, tahu bakso dan lumpia. Sedangkan untuk produk olahan melati berupa sabun melati, shampo melati, minyak angin, dan pembersih lantai. Produk olahan lain yang dimiliki oleh Desa Kaliprau adalah produk olahan keong berupa kerupuk keong dan stik keong.

Salah satu potensi terbesar dari Desa Kaliprau adalah potensi wisatanya. Potensi wisata di Desa Kaliprau yang sedang dikembangkan secara intensif berupa wisata pantai yang masih asri dan dikelilingi oleh cemara laut sehingga menambah kesejukan lingkungan pantai. Akses menuju Pantai Kaliprau juga dipenuhi oleh hamparan sawah yang sangat hijau. Selain itu, terdapat ekosistem mangrove yang tumbuh di berbagai tempat. Potensi lainnya yaitu terdapat Sungai Sembilangan yang juga dikelilingi oleh ekosistem mangrove yang lebat. Sungai ini juga digunakan oleh para nelayan untuk memancing ikan dan udang.

  • Sumberdaya manusia

Desa Kaliprau memiliki tingkat pengangguran yang sangat rendah. Masyarakatnya cukup produktif karena sebagian besar masyarakat telah memiliki pekerjaan. Mata pencaharian di desa ini antara lain sebagai petani melati, nelayan, pembudidaya ikan bandeng dan udang vannamei serta pengolah berbagai hasil sumberdaya di desa ini. Masyarakat Desa Kaliprau juga sangat terbuka terhadap informasi baru sehingga dapat mengembangkan inovasi baru terutama bagi produk-produknya. Selain itu, kemauan yang kuat dari masyarakatnya menjadi salah satu kunci pesatnya peningkatan kualitas produk-produk olahan yang ada.

 

MEDIA SOSIAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *